Posted by: semediwahyu | April 17, 2009

Piping and Pipeline

Dalam diskusi beberapa waktu lalu, cak Didik sempat secara eksplisit menyebutkan kesamaan antara piping and pipeline. Samakah ? atau apakah berbeda ?Kalau sama, kenapa kok disebutnya berbeda. Tidak piping atau pipeline saja hayo?. Di beberapa engineering company, memang tidak dipisahkan antara bidang piping dan pipeline. Seorang piping engineer sekaligus juga sebagai pipeline engineer, kadang juga sebagai mechanical Piping (MEPI). Berarti sama ya ? Hanya beda sebutan saja. Hmmmm.

 

Pada dasarnya, fungsi piping/pipeline adalah untuk transport fluida sebuah plan selama masa service. Lalu kenapa disebut piping ? pipeline ? Ah bikin penasaran sajah. Setelah melakukan wawancara dengan seorang piping/pipeline engineer, sedikit penasaran itu akhirnya terurai.

“Coba lihat P & ID sebuah plan (sambil menunjukkan sebuah P & ID sebuah plan). Yang dinamakan pipeline itu adalah pipa yang ada diantara Pig launcher and Pig receiver. Itulah pipeline. Atau jika itu gas, maka setelah rangkaian slug catcher, ada pig launcher, kemudian pipa, dan diujungnya ada pig receiver. Lainnya adalah piping, Itu sajah titik !!”

Masih penasaran juga, akhirnya mencoba untuk melihat sebuah buku usang tentang piping warisan dari guru pencak silat di madiun.Buku tersebut karangan Mikael W Braestrup dkk. (dulunya para pemuda di madiun, ponorogo, ngawi, dan magetan memang akrab dengan teknik pipa).

Dari buku tersebut, pipeline system didefinisikan sebagai section yang memanjang dimulai dari inlet point, dari offshore platform atau onshore compression station menuju ke outlet point offshore platform, atau onshore receiver facility.  Pada inlet point ada fasilitas pig launcher. Pig Launcher digunakan sebagai fasilitas launching pig untuk cleaning, maintenance, dan inspeksi pipa, kemudian pig diterima di receiver facilities yang berada di outlet point.

 

Bagaimana dengan offshore pipeline ?

Dalam buku offshore pipeline pemberian pak Dhodot pipeline adalah :

Flowline untuk menyalurkan oil/gas dari satelit subsea well to subsea manifold.

Flowline untuk menyalurkan oil/gas dari subsea manifold to production facility platform.

Infield  flowline untuk menyalurkan oil/gas diantara production fasility platform.

Flowline untuk menyalurkan oil/gas dari production facility platform menuju darat.

 

Lalu ada lagi sebuah pertanyaan yang membikin penasaran. Apakah sama antara pipeline engineer (design) dengan Pipeline installation engineer/field engineer ?

 

CMIW,

About these ads

Responses

  1. What are the different Pipeline; Piping System and flowline ..ini salah satu pertanyaan bule2 chevron waktu aku presentasi didepan mereka.

    Allhamdullihal awak udah baca sebelumnya…akhirnya ditawarlah jadi facility engineer di duri…karena mereka sangat terpesona dengan gaya engineer yg pinter jualan jamu….hik.hik….dari sini aku sadar, bahwa engineer skill emang penting ..tapi pinter jualan jamu jauh lebih penting..

    But duri…I afraid go there…pasti gak ada mol..apalagi 21…salon pasti jg gak ada…..meyiksa sekali…..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: